#2 Menginstall dan Konfigurasi Laragon dengan phpMyAdmin

sumber : kotakode.com


Ini merupakan postingan lanjutan dari series belajar laravel, jika kalian belum tahu apa itu laravel. ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu apa itu framework laravel di postingan sebelumnya.

Apa itu Laragon ?


Dilansir dari laragon.org "Laragon is a portable, isolated, fast & powerful universal development environment for PHP, Node. js, Python, Java, Go, Ruby. It is fast, lightweight, easy-to-use and easy-to-extend. Laragon is great for building and managing modern web applications."

Jika kalian pernah menggunakan XAMPP, berarti anda sudah tidak asing dengan yang namanya local server untuk membangun web. 

Menginstall Laragon dan phpMyAdmin


Pertama tama, silahkan download laragon terlebih dahulu di laragon.orgSetelah didownload, ikuti instruksi penginstalan seperti biasanya.

kemudian, kita memerlukan database untuk menyimpan tabel tabel yang kita perlukan. Laragon sendiri sudah memiki HeidiSql dari bawaan instalasinya. Namun di series kali ini kita akan menggunakan phpmysql yang lebih umum digunakan banyak orang.

Untuk menginstallnya, silahkan download terlebih dahulu phpMyAdmin nya.


Setelah terdownload, extrack dan rename folder nya menjadi phpMyAdmin


Kemudian pindahkan folder phpMyAdmin tersebut ke dalam folder C:\laragon\etc\apps


Jika sudah dipindahkan, sekarang coba buka aplikasi laragon kalian dan jalankan servernya dengan mengklik "Start All"


Kemudian klik kanan pada aplikasi laragon kalian, setelah itu arahkan kursor ke mySql kemudian pilih phpMyAdmin


Jika tampilan browser dari localhost kalian sudah mengarah ke localhost/phpmyadmin maka sudah berhasil mengkonfigurasikan laragon dengan phpmyadmin. Namun jika diklik mengarah ke website download phpmyadmin, berarti konfigurasinya gagal.
Blogger
Disqus
Mau Komentar Dari Mana ?

Tidak ada komentar