#1 Membuat Web App Sederhana dengan Framework Laravel 8

Source : laravel-news.com



Halo semuanya, belum lama ini saya mempelajari laravel dengan mencoba membangun sendiri sebuah website sederhana dengan menggunakan laravel 8. Setelah dipikir pikir, akhirnya saya memutuskan untuk mendokumentasikan pengalaman saya dan membagikannya disini. Untuk itu saya akan membuat sebuah series Belajar Laravel 8

Apa itu Laravel ?

Dilansir dari laman Laravel, "Laravel is a web application framework with expressive, elegant syntax. We’ve already laid the foundation — freeing you to create without sweating the small things."
Jika disimpulkan, Laravel merupakan sebuah Aplikasi Framework berbasis web dengan sintax expresif dan elegant.

Kenapa Laravel ?

Alasan saya memilih laravel karna framework ini terbilang complex, namun mudah dimengerti untuk programmer awam seperti saya. Kita tidak perlu memusingkan model untuk memanggil data dari database, selain itu, kita lebih dimudahkan dengan blade templating yang memungkinkan kita untuk memisahkan komponen komponen seperti sidebar, navigasi bar, dan footer kedalam partials yang nantinya bisa dipanggil berulang kali.

Kelebihan

Merangkul fitur PHP terbaru

Salah satu keuntungan yang didapat pengembang dari penggunaan Laravel adalah fakta bahwa ia menggabungkan semua fitur PHP terbaru. Jika Anda berpikir untuk mencoba Laravel, ketahuilah bahwa Anda akan dapat menggunakan beberapa hal terbaik yang ditawarkan PHP saat ini. Fitur seperti ruang nama, tumpang tindih, fungsi anonim, antarmuka, dan sintaksis array yang lebih pendek. Selain itu, dengan diperkenalkannya versi terbaru, pengembang Laravel juga dapat menggunakan paket Zttp Guzzle Wrapper.

Dokumentasi yang bagus

Setiap versi Framework dirilis dengan dokumentasi yang sesuai, menampilkan deskripsi yang komprehensif dan mudah dipahami dalam hal kelas, pendekatan, dan jenis kode. Dokumentasi berorientasi detail seperti itulah yang membuat Framework benar-benar ramah pengembang.

Bantuan Dalam Mendukung Backend Cache yang Terkemuka

Memungkinkan Anda membuat dan mengatur beberapa konfigurasi cache, Framework ini sepenuhnya mendukung backend cache seperti Redis atau Memcached.

Siklus Pengembangan Lebih Cepat

Yang ini bisa menjadi nilai jual yang bagus bagi sebagian besar pengembang. Menggunakan Laravel dapat secara nyata mengurangi seluruh siklus pengembangan karena integrasinya jauh lebih cepat, ditambah lagi, jika Anda terjebak, ada komunitas pengguna Laravel yang sangat besar di luar sana, sehingga peluang untuk mendapatkan semua jawaban atas pertanyaan Anda cukup bagus , bahkan sebelum berpikir untuk menjangkau dukungan khusus framework.

Mempersingkat seluruh siklus pengembangan dapat menghemat waktu dan uang tim, dan memungkinkan pengembang menjadi lebih produktif, yang, dari sudut pandang material, dapat menjadi rute yang menguntungkan.

Artisan – alat khusus Laravel

Laravel hadir dengan antarmuka baris perintah terintegrasinya sendiri. Artisan memungkinkan pengembang untuk membuat kode framework. Ini juga mengontrol sistem database sehingga pengembang tidak perlu menjalankan tugas pemrograman rutin. Artisan juga merupakan alat yang hebat dalam hal menghasilkan dan juga memelihara file MVC sederhana dengan pengaturannya masing-masing.

MVC

Laravel adalah Framework MVC, yang berarti bahwa pengembang tidak perlu menggunakan metode lama untuk menulis seluruh kode PHP dan PHP dalam file yang sama.

Perutean Terbalik

Fitur ini juga sangat berguna. Ini memungkinkan Anda membuat tautan dalam struktur ke rute bernama. Yang harus Anda lakukan adalah menggunakan nama router tertentu saat membuat tautan dan sistem akan memasukkan URL yang diminta secara otomatis. Selanjutnya, jika Anda menemukan diri Anda mengubah rute, Anda harus tahu bahwa perubahan akan dilakukan secara otomatis di mana saja.

Manajemen Antrian

Hapus tugas yang tidak lagi relevan atau tidak perlu dan tempatkan dalam antrian untuk mempersingkat waktu respons pengguna.

Terintegrasi dengan Layanan Mail

Aplikasi web yang bagus membuat penggunanya tetap up-to-date dalam hal penawaran dan penawaran terbaru, bersama dengan mendaftarkan pengguna baru secara instan. Dengan Laravel, Anda dapat menggunakan driver untuk SMTP, Mailgun, Mandrill, Amazon SES, Sednmail, dan SparkPost yang memungkinkan pengiriman email baik melalui layanan lokal atau berbasis cloud.

Paket dan Sumber Daya yang Berlimpah

Dengan Laravel, Anda dapat menggunakan paket npm dan bower, jika Anda memilih untuk mengintegrasikan Framework dengan Elixir atau Gulp. Ini terutama dapat berguna dalam proses revisi aset dan sumber daya. Mengintegrasikannya dengan komposer akan menyelesaikan masalah ketergantungan.

Kontainer IoC

Inversion of Control adalah strategi yang digunakan untuk membuat objek baru tanpa perlu bootstrap di luar library. Anda bisa mendapatkan objek dari tempat mana pun yang Anda coding, tanpa harus mengelola struktur padat yang kokoh.

Eloquent ORM

Dengan Eloquent ORM, Anda dapat memiliki implementasi ActiveRecord yang lancar untuk bekerja dengan database. Dengan kata lain, fitur Laravel ini memungkinkan Anda untuk membuat model yang memiliki tabel yang sesuai di database. ORM menghosting built-relationship, artinya ketika Anda mengubah tabel maka data terkait juga akan berubah.

Anda dapat menggunakan relasi berikut :

one-to-one
one-to-many
many-to-many
has-, many-, through-,
polymorphic relationships
many-to-may polymorphic relationships.

Ini mungkin salah satu fitur terbaik dari Framework, memberikan eksekusi ActiveRecord langsung saat Anda bekerja dengan database.

Otentikasi mudah, pengujian otomatis dan kesalahan konfigurasi dan penanganan pengecualian

Otentikasi dengan Laravel mudah, fitur out-of-the-box plus, mengatur logika otorisasi dan akses kontrol ke sumber daya juga sederhana.

Pengujian dengan Laravel sangat mudah karena pengujian dukungan dengan PHPUnit dilengkapi dengan Framework, bersama dengan file khusus yang sudah disiapkan. Metode dan prinsip lain yang disertakan juga membantu pengujian ekspresif yang memberi Anda tidak hanya opsi pemecahan masalah sederhana tetapi juga simulasi pengguna dasar, seperti klik tautan dan pengisian formulir.

Terakhir, dengan Laravel, pengecualian dan penanganan kesalahan menjadi standar. Dan dengan perpustakaan logging Monolog terintegrasi, pengembang memiliki berbagai macam penangan log yang berguna di ujung jari mereka.

Kekurangan

Kurangnya Dukungan Inbuilt

Jika dibandingkan dengan Framework lain seperti Ruby on Rails dan Django, Laravel memiliki dukungan bawaan yang terbatas karena ringan. Masalah ini dapat diselesaikan, dengan alat pihak ketiga, dan Anda dapat kembali ke jalur secepat mungkin.

Bermasalah dengan peningkatan tertentu

Platform PHP secara umum memiliki beberapa masalah mengenai versi dengan dukungan jangka panjang dan Laravel terkadang mendapat kritik karena hal ini. Memang benar bahwa pembaruan mungkin dapat menyebabkan masalah kecil, namun, dengan perhatian yang tepat, pengembang dapat memperlancar prosesnya.

Mungkin Tampak Kompleks pada awalnya

Ada beberapa elemen yang bisa sedikit lebih baik. Sebagai permulaan, pengembangan melibatkan dokumentasi yang berat, artinya, Anda harus memiliki pengalaman untuk memulai membangun aplikasi. Namun, berkat dukungan khusus Laravel dan komunitas pengembang online yang besar, langkah-langkah awal ini dapat dilakukan dengan mudah. Pemrogram Greenhorn tidak boleh berkecil hati untuk menggunakan Laravel karena pengembang yang lebih berpengalaman selalu ada untuk membantu dan membimbing mereka.

Kesimpulan

Secara umum, tidak ada Framework yang sempurna atau dalam hal ini, perangkat lunak apa pun. Jika ada yang sempurna, semua orang pasti akan memakainya.

Dalam ekosistem PHP, Laravel tentu saja merupakan Framework yang dominan karena menawarkan sejumlah besar fitur luar biasa yang memungkinkan pengembang membangun aplikasi web yang fungsional, cepat, dan ramah pengguna. Ini memiliki struktur yang ramping dan elegan ditambah sintaks yang cantik. Tenti saja Ini dapat mempercepat siklus pengembangan dan terintegrasi dengan layanan email dengan mudah, dengan dokumentasi yang bagus dan juga mendukung fitur PHP terbaik.

Blogger
Disqus
Mau Komentar Dari Mana ?

Tidak ada komentar