Cara Menulis Curriculum Vitae (CV) yang Baik dan Benar (+Template)

Jika jalur karier Anda mencakup pekerjaan dalam bidang akademik, penelitian ilmiah, atau bidang medis di Amerika Serikat, kemungkinan besar Anda akan diminta untuk memberikan Curriculum Vitae daripada resume yang biasa. Dalam bahasa Latin, frasa "curriculum vitae" berarti "jalan hidup." Yang mana cukup tepat jika, sebagai calon pemula, Anda merasa seperti Anda telah menghabiskan seluruh hidup Anda di sekolah pascasarjana atau sekolah kedokteran!

Dalam bahasa Inggris modern, konsep di balik curriculum vitae mungkin lebih baik diterjemahkan sebagai "jalannya pendidikan dan karier profesional seseorang." Singkatnya, lembaga yang meminta dokumen-dokumen ini paling tertarik pada kredensial seseorang untuk pekerjaan tersebut (seperti yang diungkapkan melalui pelatihan dan pengalaman karir selanjutnya). Ini berbeda dari resume standar, yang lebih fokus pada kompetensi.


Berikut ini informasi tentang mengapa, kapan, dan bagaimana menggunakan CV, kapan harus menggunakan resume vs riwayat hidup, penulisan CV, dan panduan format, perbedaan antara CV dan CV internasional, dan contoh-contoh.

Kapan Harus Menggunakan Curriculum Vitae


Kapan para pencari kerja harus menggunakan Curriculum Vitae, biasanya disebut sebagai "CV," daripada resume? Di Amerika Serikat, curriculum vitae digunakan terutama ketika melamar posisi akademik, pendidikan, ilmiah, medis, atau penelitian. Ini juga berlaku ketika melamar beasiswa atau hibah. Berikut ini informasi lebih lanjut tentang kapan harus menggunakan curriculum vitae daripada resume.

Ketika mencari pekerjaan di Eropa, Timur Tengah, Afrika, atau Asia, berharap untuk mengirimkan CV daripada resume.

Perlu diingat bahwa majikan di luar negeri sering berharap untuk membaca jenis informasi pribadi pada riwayat hidup yang tidak akan pernah dimasukkan dalam resume Amerika, seperti tanggal lahir, kebangsaan, status perkawinan, dan tempat lahir.

Apa yang dimasukkan kedalam CV ?


Ada beberapa perbedaan antara daftar Curriculum Vitae dan Resume. CV lebih panjang (dua halaman atau lebih), sinopsis yang lebih rinci dari latar belakang dan keterampilan Anda. Seperti halnya resume, Anda mungkin memerlukan berbagai versi CV untuk berbagai jenis posisi.

Seperti resume, riwayat hidup harus menyertakan nama Anda, informasi kontak, pendidikan, keterampilan, dan pengalaman. Selain dasar-dasar ini, CV juga mencakup pengalaman penelitian dan pengajaran, publikasi, presentasi, hibah dan beasiswa, asosiasi dan lisensi profesional, penghargaan dan penghargaan, dan informasi lain yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Anda juga dapat menyertakan pernyataan pribadi untuk membuat CV Anda menonjol.

Mulailah dengan membuat daftar semua informasi latar belakang Anda, kemudian mengaturnya ke dalam kategori. Pastikan Anda memasukkan tanggal pada semua publikasi yang Anda daftarkan.

Informasi Pribadi untuk Dimasukkan ke dalam CV Internasional


  • Kebangsaan
  • Status pernikahan
  • Usia
  • Jumlah anak (usia opsional)
  • Minat pribadi seperti hobi
  • Semua pendidikan termasuk sekolah menengah
  • Foto juga disarankan (headshot profesional yang bagus)

Tanggal Lahir pada CV
Beberapa negara di luar Amerika Serikat mengharapkan Anda untuk memasukkan tanggal lahir Anda pada CV Anda. Jika Anda melamar pekerjaan asing, teliti protokol negara tertentu untuk lamaran pekerjaan.

Jika Anda menggunakan curriculum vitae (CV) atau resume untuk melamar pekerjaan di Amerika Serikat, karena undang-undang saat ini mengenai diskriminasi usia, Anda tidak dapat diminta untuk memasukkan tanggal lahir Anda pada curriculum vitae Anda.

Customize Curriculum Vitae Anda


Setelah Anda membuat daftar informasi yang ingin Anda sertakan, sebaiknya buat riwayat hidup kurikulum khusus yang secara khusus menyoroti pengalaman yang Anda miliki yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Dibutuhkan lebih banyak waktu untuk menulis CV khusus, tetapi itu sepadan dengan usaha - terutama ketika Anda melamar pekerjaan yang cocok dengan keterampilan dan pengalaman Anda.


  • Gunakan peluru yang berorientasi pada pencapaian yang dimulai dengan kata kerja aksi dan sertakan hasilnya.
  • Mulailah dengan Profil Profesional (juga disebut Ringkasan) yang menyoroti yang terbaik dari apa yang Anda sebagai kandidat tawarkan.
  • Edit konten untuk memasukkan bidang keahlian, keterampilan, dan pengetahuan yang secara khusus sesuai dengan persyaratan pekerjaan; tidak semua detail pendidikan dan riwayat pekerjaan Anda (pekerjaan, penelitian, beasiswa, dll.) mungkin relevan.
  • Dengan hati-hati peringkat dan atur bagian-bagian dari resume Anda sesuai dengan apa yang sedang dicari oleh lembaga yang Anda lamar. Misalnya, jika Anda mendaftar ke universitas tempat penelitian ditekankan, Anda harus memulai daftar publikasi di halaman pertama, tepat setelah profil profesional awal Anda. Jika, di sisi lain, Anda tahu bahwa pengajaran dinilai lebih tinggi daripada publikasi oleh departemen, Anda ingin memberikan kebanggaan sejarah karir profesional Anda pada halaman pertama.


Contoh Curriculum Vitae


Ini adalah contoh riwayat hidup. Download Template Curriculum Vitae (kompatibel dengan Google Documents dan Word Online) atau lihat di bawah untuk contoh lebih lanjut.

Demikianlah tips dan cara Menulis Curriculum Vitae (CV) yang Baik dan Benar, Semoga bermanfaat
Blogger
Disqus
Mau Komentar Dari Mana ?

No comments