10 Trik Rahasia Instagram yang Kamu Mungkin Belum Tahu


Per April 2017, Instagram berhasil membukukan 700 juta pengguna aktif bulanan. Hal ini membuktikan bahwa terlepas dari persaingan ketat yang terjadi antara beberapa sosial media, Instagram mampu tumbuh secara signifikan. Beragam fitur menarik menjadi salah satu alasan di balik popularitas Instagram. Tapi, tahukah Anda, bahwa ternyata masih ada beberapa trik rahasia yang bisa Anda lakukan di Instagram?


Ya, Anda benar. Selain dari yang diketahui kebanyakan orang, sebenarnya masih ada beberapa trik rahasia yang bisa Anda lakukan di Instagram. Sebagaimana kami himpun dari M88, trik-trik rahasia ini akan mengantarkan Anda menjadi ahli Instagram yang sesungguhnya.

Cara Menyimpan Foto Asli


Di Instagram, setiap foto yang Anda unggah akan secara otomatis dikonversi ke dalam ukuran 612 x 612 piksel. Ini merupakan resolusi standar bagi para pengguna ponsel pintar. Dengan resolusi serendah ini, tidak aneh jika Anda kehilangan beberapa detil tertentu dalam foto Anda. Tapi, tahukah Anda, bahwa Anda sebenarnya bisa mengunggah foto tersebut dalam ukuran aslinya?


Pada dasarnya, Instagram memungkinkan fitur menyimpan foto dalam kualitas aslinya. Caranya, Anda cukup mengaktifkan fitur Save Original Photos pada laman pengaturan. Penting diingat bahwa resolusi maksimum yang didukung oleh Instagram adalah 2048 x 2048 piksel, terlepas dari kemampuan perangkat Anda.

Setelah Anda mengaktifkan fitur ini, Anda dapat menemukan foto asli Anda, berikut dengan ukuran aslinya dalam berkas Instagram di galeri perangkat Android Anda. Adapun bagi para pengguna iOS, Anda dapat menemukannya di berkas Tangkapan Kamera (Camera Roll).

Cara Menyematkan Foto di Situs


Anda punya foto menarik yang ingin Anda bagikan di blog atau situs Anda? Jangan khawatir. Cukup cari gambar tersebut di situs Instagram (bukan lewat aplikasi), kemudian klik tombol Menu (tampil sebagai tiga titik saling tumpuk) dan pilih View Photo Page. Kemudian, pilih tombol Menu lagi dan klik opsi Embed.


Berikutnya, di layar Anda akan muncul kode untuk menyematkan gambar tersebut. Cukup salin kode ini ke dalam situs atau blog ini. Perlu diingat, kode ini ditampilkan dalam format kode HTML. Oleh karena itu, untuk menyematkannya, pastikan Anda menyalin kode ini dalam editor HTML di blog atau situs Anda. Foto-foto yang dapat Anda sematkan dari Instagram pun sebatas hanya yang berasal dari akun publik. Foto dari akun pribadi tetap tidak bisa disematkan.

Semakin Bebas Berkreasi


Paham akan kebutuhan para penggunanya, Instagram baru-baru ini melengkapi dirinya dengan beragam fitur edit foto teranyar. Anda misalnya dapat menggunakan opsi Shadows untuk memperbaiki tampilan gambar Anda yang mungkin tampak terlalu gelap.


Tersedia pula fitur Saturation bagi Anda yang ingin menyesuaikan warna gambar/foto Anda. Setiap kali Anda melakukan perubahan di gambar/foto Anda, akan muncul garis abu-abu di bawah foto tersebut. Jika tampilan foto setelah dirubah ternyata tidak sesuai harapan, Anda dapat mengulanginya dengan menggunakan garis ini.

Simpan Gambar Favorit ke Dropbox


Kini, Anda tak perlu takut lagi kehilangan foto/gambar favorit Anda di Instagram. Cukup dengan menyimpannya di Dropbox, kekhawatiran itu pun akan sirna. Setiap foto/gambar yang Anda simpan di Dropbox secara otomatis akan disajikan dalam resolusi 640 x 640 piksel.


Kelola Peta Foto Anda


Setiap kali Anda mengunggah foto ke Instagram, sebenarnya Anda dapat menyertakan lokasi foto tersebut diambil. Sekadar informasi, ada baiknya Anda senantiasa berhati-hati dalam menggunakan fitur ini. Tergantung dari foto/gambar yang ingin Anda unggah, informasi lokasi foto/gambar tersebut dapat disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.


Sisi baiknya, fitur ini cukup membantu dalam mengelompokkan foto/gambar atau merunut perjalanan yang Anda lakukan. Untuk mengelola peta lokasi foto Anda, cukup klik simbol anak panah pada laman profil Anda. Berikutnya akan muncul layar berisi informasi lokasi foto Anda. Anda bisa menambah, mengubah, atau menghapus lokasi dari foto manapun yang Anda inginkan. Perlu diingat bahwa, foto yang lokasinya ditandai untuk dibagikan kepada publik akan muncul pada laman lokasi yang bersangkutan di aplikasi Instagram.

Pilih Hastag yang Tepat


Pemilihan hashtag yang tepat dapat membantu publikasi foto/gambar Anda di Instagram. Caranya pun tergolong mudah. Cukup pilih hashtag yang tidak terlalu populer, namun tetap relevant dengan foto. Itupun Anda tidak boleh menggunakannya terlalu sering. Dengan cara ini, Anda bisa menciptakan bahwa foto/gambar Anda unik dan berarti.


Memilih hashtag berdasarkan kategori foto juga merupakan ide yang bagus. Setidaknya, dengan ini, Anda akan menemukan pengguna Instagram dengan minat yang sama selayaknya Anda. Intinya, Anda harus tetap spesifik, relevan, dan mengamati perkembangan yang Anda. Terapkan ini dan foto/gambar Anda pun akan mendapatkan perhatian yang sudah seharusnya didapat.

Kreasikan Profile Anda


Laman profil Anda adalah wujud identitas Anda di Instagram. Halaman inilah yang pertama kali dilihat pengguna Instagram lain ketika mereka ingin tahu tentang Anda atau foto Anda. Jadi, pastikan Anda terbuka dengan pengikut baru. Berikan alasan yang cukup bagi mereka untuk mengikuti setiap foto/gambar baru yang Anda bagikan.

Anda bisa memulainya dnegan berbagi cerita tentang diri, aktivitas, hobi, atau hal-hal yang Anda sukai, termasuk tipe foto/gambar yang Anda suka. Jika Anda seorang fotografer profesional, Anda bisa mengajak mereka untuk singgah di laman portofolio Anda. Untuk ini, pastikan Anda mengisi kolom alamat situs atau sosial media Anda. Jika memang foto/gambar Anda memang berkualitas adanya, mimpi Anda menjadi ahli Instagram sudah pasti akan terwujud.


Bagikan ke Lebih Banyak Tempat


Di Instagram, Anda bisa berbagi foto/gambar ke banyak tempat, bahkan termasuk kepada mereka yang belum punya akun Instagram sekalipun. Dengan fitur ini, Anda pun tidak perlu repot-repot membagikan setiap foto setiap kali diunggah. Namun, perlu diingat, jangan sampai orang lain kesal karena Anda terlalu sering memenuhi halaman mereka dengan foto yang Anda bagikan.


Belajarlah dari Para Ahli


Tidak ada salahnya mengikuti beberapa orang yang lumayan mahir dalam menggunakan Instagram. Tidak jarang mereka membagikan tips dan trik yang sangat membantu. Anda pun bisa belajar banyak hal, mulai dari pencahayaan, pewarnaan, gradasi, dan beragam filter Instagram lainnya. Sebagai langkah awal, bagi Anda yang serius menekuni bidang fotografi Instagram, mungkin Anda bisa mengikuti Foster Huntington, Ira Block dari National Geographic, atau Jethro Mullen, seorang jurnalis CNN.


Selain mereka, Instagram pun sebenarnya cukup rutin dalam membagikan tips dan trik yang cukup berguna. Pastikan Anda tidak ketinggalan berita dari mereka.

Tambah Aplikasi Lain


Tahukah Anda, bahwa dengan menggabungkan Instagram dengan aplikasi pihak ketiga, Anda bisa meningkatkan kemampuan Instagram berkali-kali lipat?


Dengan banyak aplikasi pihak ketiga yang tersedia hingga kini, tidak ada yang tahu pasti seberapa jauh yang Anda bisa lakukan dengan Instagram. Aplikasi seperti Photo Grid bagi pengguna Android atau Diptic bagi pengguna iOS, misalnya, adalah ahlinya dalam membuat kumpulan foto Instagram dalam 1 foto saja. Aplikasi lain seperti Camera Zoom FX atau Camera+ bahkan bisa mempercantikan tampian jepretan kamera Anda, secara instan.

Bahkan tidak jarang pula pengguna yang meningkatkan kemampuan perangkat mereka. Beberapa orang misalnya mengganti lensa kamera mereka untuk mendapatkan tampilan yang lebih ciamik, lebih instagramable.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda siap untuk menjadi ahli Instagram?
Blogger
Disqus
Mau Komentar Dari Mana ?

No comments